Catatan Dosen Muda

Catatan Dosen Muda

Bismillahirrahmanirrahim

Setelah lama mengembangkan website untuk personal blog, dengan pergerakan yang sangat lamban karena disebabkan oleh arah tujuan pengembangan yang tidak jelas, kemudian pengalokasian waktu yang sedikit, menyebabkan personal blog yang diharapkan bisa aktif ternyata tidak dapat berjalan dengan baik seperti apa yang diharapkan diawal.

Tercatat kurang lebih sudah 11 tahun personal blog rioap.com berjalan dijagat maya namun hingga hari ini aktifitas di blognya masih sangat sepi, ‘gitu-gitu aja’.

Orang bilang kalau kita ingin mengembangkan sebuah blog maka buatlah tema yang menyenangkan. Tema yang dekat dengan minat dan bakat pemilik blog tersebut. Atau dapat dikatakan blog yang aktif biasanya adalah blog yang isinya berkaitan dengan kegiatan sehari-hari ownernya.

Misal kita kenal banyak blog yang berkembang dengan tema travelling, maka dapat dipastikan si penulis atau pemiliknya adalah orang yang senang berpergian lalu membagikan pengalamannya dalam bentuk tulisan pada blog travellingnya, atau jika itu blog multi tema biasanya sebagian besar postingan yang dipublikasi adalah sekitar travelling. Atau blog dengan tema kuliner biasanya akan menyampaikan informasi tentang kuliner dimana si pemiliknya menikmati makanan dari berbagai tempat.

Kalau melihat kembali secara keseluruhan blog rioap.com selama ini memang tidak ada tema yang khusus, atau kalau para marketer pengembang blog menyebutnya niche yang menjadi ciri khas. Padahal dengan adanya tema tertentu bisa menjadi tujuan utama penulisan pada setiap postingan.

Lalu kalau direnungkan kembali, maka kemudian apa yang akan menjadi niche utama blog rioap?

Ini yang salah satunya menjadi latar belakang kenapa akhirnya dari blog besar rioap.com kemudian dibuat satu sub-tema tentang Catatan Dosen Muda. Sebuah tempat untuk berbagi tentang aktifitas pada dunia dosen, khususnya dosen muda yang baru menggeluti dunia akademik.

Saya akan mencoba berbagi dalam bentuk tulisan tentang kehidupan sebagai dosen, walaupun tidak detail tetapi mudah-mudahan bisa banyak memberikan informasi kepada orang banyak.

Kenapa tentang dosen? karena memang profesi keseharian saya memang sebagai Dosen pada sebuah Perguruan Tinggi di Indonesia. Sehingga jika mengangkat tema Dosen sepertinya akan cukup menarik dan banyak sekali yang bisa diceritakan.

Kenapa berbentuk tulisan? karena dosen ternyata harus rajin menulis. Menyampaikan gagasan dalam bentuk tulisan yang ilmiah maupun yang populer dapat dipahami khalayak ramai.

Harapannya sederhana saja, semua yang tertuliskan disini bisa menjadi catatan untuk diri pribadi dan yang kemudian hari mungkin bisa menjadi pengingat sejarah perjalanan dari sejak awal meniti karir sebagai seorang dosen. Kalau boleh berharap lebih, semoga tulisan yang dipublikasikan disini dapat berguna bagi siapapun yang membacanya. Aamiin.

The journey of a thousand miles, begins with a single step.

Lao Tzu

RioAP – Bandarlampung 2021

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *