Pengantar Kuliah Daring Pendidikan Kewarganegaraan

Garuda Indonesia

Kuliah Online Pendidikan Kewarganegaraan

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam Sejahtera.

Alhamdulillah hari ini kita masih diberikan kesehatan oleh Tuhan Yang Maha Esa untuk bisa mengikuti perkuliahan mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan.

Ijinkan saya memulai perkuliahan ini dengan menyampaikan sedikit pembuka. Ada yang berbeda pada perkuliahan kali ini karena kita dipertemukan di dalam ruang yang berbeda. Dimana pada waktu yang biasanya kita terjadwal untuk bisa saling bertemu bertatap muka di dalam ruang kelas di kampus kita tercinta. Namun karena ada kejadian besar akhirnya membuat kita harus melaksanakan perkuliahan secara online atau dalam jaringan (daring), sehingga pertemuan kita dipekan selanjutnya sampai beberapa waktu akan dilakukan pada ruang kelas virtual atau maya melalui berbagai channel yang ada.

Akan ada dosen yang melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) melalui aplikasi chat seperti whatsapp atau telegram, atau ada juga yang menggunakan aplikasi conference seperti zoom atau webex. Sedangkan di Universitas Lampung ada sarana perkuliahan daring yang bisa diakses melalui vclass unila dengan berbagai macam fitur di dalamnya. intinya dari semua sarana daring yang ada ini harus mempermudah dosen dan mahasiswa untuk melaksanakan KBM yang biasanya dilaksanakan di dalam kelas, menjadi perkuliahan yang mungkin bisa dilaksanakan ditempat yang berbeda antara dosen dan mahasiswa. Jangan merasa diberatkan, jika ada yang merasa berat oleh sistem perkuliahan daring ini segera diskusikan dengan dosen pengampu mata kuliahnya, agar menggunakan metode lain yang lebih baik.

Sebelumnya untuk pertemuan kita kali ini mohon kepada mahasiswa melakukan absen dengan memberikan komentar per mahasiswa di kolom komentar pada waktu jam perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan. Absen dengan format sebagai berikut
Nama : Fulan
NPM : 19501234567
Kelas : PKN IT A/B

Jika mempunyai pertanyaan dipersilahkan untuk bertanya juga dikolom komentar.

Jika anda tidak memberikan komentar dengan format diatas maka akan dianggap tidak mengikuti perkuliahan. Terima kasih.

ABSENSI

Kalau saya sebagai pengajar mencoba untuk menggunakan cara yang sedikit berbeda, tergantung mata kuliahnya. Biasanya hanya menggunakan vclass dengan fitur-fiturnya, kali ini akan coba dengan mengkombinasikan metode belajar melalui vclass dan sedikit memperkenalkan metode blog sebagai sarana belajar.

Disini saya mungkin akan menyampaikan sedikit pengantar untuk perkuliahan kita dipekan terakhir sebelum Ujian Tengah Semester.

Pada pertemuan diawal semester saya sudah memberikan beberapa tugas yang bisa dikerjakan oleh mahasiswa hingga pertemuan pekan ke-7. Dimana tugas tersebut salah satunya adalah merangkum semua perkuliahan yang didapat dari pertemuan 1-7, lalu diposting diblog masing-masing di web.if.unila.ac.id. Namun, ada sedikit perubahan untuk tugas rangkuman tersebut hanya merangkum pertemuan yang kita laksanakan secara tatap muka saja (pertemuan 1-3), tugas membuat paper individu yang diposting juga melalui blog, serta ringkasan Bab V buku Perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan yang dikeluarkan Dirjen Belmawa.

Sehingga untuk tugas Pendidikan Kewarganegaraan yang diposting melalui blog ada 5 postingan yang keseluruhannya nanti akan masuk menjadi nilai tugas. Dan lima tugas posting di blog tersebut sudah sempat disampaikan dan dilaksanakan oleh mahasiswa sebelum kita memulai perkuliahan daring. satu lagi tugas yang dikumpulkan via vclass adalah paper pertemaun ke-5, dimana tugas ini ketika kita sudah memasuki perkuliahan daring sehingga mahasiswa yang tidak mengupload tugas saya anggap tidak absen pada pertemuan pekan tersebut.

Sedangkan untuk quis kita sudah melaksanakan kuis yang dilaksanakan secara daring melalui quis vclass dengan menjawab 30 soal pilihan ganda. Untuk nilai kuis tersebut bisa dilihat dibawah.

Untuk persiapan Ujian Tengah Semester insyaAllah akan kita laksanakan Pekan depan, dan insya Allah akan saya lakukan UTS secara daring mirip seperti kuis, tapi pada UTS soal yang diberikan soal essay. Untuk pelaksanaannya saya beri kelonggaran selama 24 Jam tetapi tidak boleh mencontek dan hanya bisa dilakukan satu kali percobaan (1 attempt). Saya harapkan nilai UTS bisa lebih baik dibandingkan dengan nilai yang didapat ketika kuis kemarin.

Ujian Tengah Semester materinya sampai mana? Jika kita merujuk pada bahan ajar pendidikan kewarganegaraan, materi UTS akan mengambil sampai BAB V. Jadi mohon untuk seluruh mahasiswa mempersiapkan semuanya untuk UTS nanti. pantau terus VClass kita. Jangan lupa untuk selalu membaca bahan ajar Pendidikan Kewarganegaraan.

Ada satu topik yang akan saya jelaskan mengenai Hak dan Kewajiban Negara dan Warga Negara. Ini adalah topik terakhir kita sebelum memasuki UTS. Pada buku ajar Pendidikan Kewarganegaraan mahasiswa bisa membaca topik ini di BAB V.

Sedikit mengutip dari tulisan ringan di link berikut ada juga hubungan dengan topik mengenai Hak dan Kewajiban (silahkan dibaca dulu artikel diatas sekilas).

Setelah membaca artikel tersebut apa menurut anda Hak dan Kewajiban?

Tentang hak dan kewajiban yang pada dasarnya keduanya dibawa oleh setiap personal. Sedangkan sebagai warga negara keduanya harus berjalan secara seimbang. Dan dua hal tersebut tidak bisa saling terpisahkan karena saling mempengaruhi satu dengan lainnya.

Karena dengan menjalankan kewajiban kita secara baik sebagai seorang warga, dan dengan menyelesaikan kewajiban tersebut kita bisa memenuhi hak orang lain.

Setiap kewajiban yang dimiliki seseorang pastinya akan berkaitan dengan hak orang lain, dan begitu pula sebaliknya. Mereka berpendapat bahwa kita baru dapat berbicara tentang hak dalam arti sesungguhnya, jika ada hubungan diantara kedua hal tersebut. Hak yang tidak ada kewajiban yang sesuai dengannya tidak pantas disebut hak.

Bercermin pada keadaan hari ini dimana saat ini kita dihadapkan pada sebuah problem. Permasalahan yang terjadi secara global, dan bahkan ada beberapa orang menganggapnya sebagai krisis terbesar abad ini, penyebaran virus Covid-19. Kita dihadapkan pada masalah sebuah pandemi yang dialami bukan hanya sebuah negara dan bangsa, tapi seluruh dunia merasakannya.

Negara kita pun tidak luput dari permasalahan ini. Bulan Maret 2020 adalah bulan dimana seorang warga negara Indonesia, di negaranya sendiri, menjadi satu pasien yang positif Covid-19. Dan dari satu kasus akhirnya sampai hari ini menjadi ribuan dan bahkan menelan nyawa ratusan orang hingga hari ini. Virus yang secara tingkat kematiannya dikatakan rendah tetapi memiliki daya sebar begitu cepat. Para ahli mengatakan bahwa jika seluruh warga Indonesia terpapar virus tersebut 97% akan sembut dan 3% akan meninggal.

Tapi jika kita bayangkan angka 3% jika dikalikan dengan seluruh penduduk Indonesia akan banyak sekali jumlahnya bisa mencapai 8juta jiwa meninggal begitu saja, menurut kajian para ahli.

Untuk mencegah hal tersebut pemerintah Indonesia mengeluarkan peraturan untuk mencegah penyebaran virus agar tidak begitu meluas. Menetapkan agar seluruh warganya menetap dirumah, tidak banyak berkeliaran diluar rumah ataupun berkumpul dengan orang yang banyak, dan tidak lupa selalu menjaga kesehatan dengan selalu mencuci tangan setelah berpergian.

Peraturan yang dikeluarkan tersebut adalah peraturan yang wajib diikut. Kewajiban yang mungkin mendadak terjadi, tidak pernah ada sebelumnya. Tetapi dengan menjalankan kewajiban tersebut, menjaga kebersihan dan tidak berada diluar rumah, kemungkinan besar akan mengurangi penyebaran virus dan mengurangi korban jiwa yang berjatuhan disebabkan efek dari virus tersebut.

Karena kesehatan, kehidupan, rasa aman dan nyaman adalah hak maka kewajiban bagi seluruh warga negara untuk menjaganya. Semua orang Indonesia berhak untuk itu. Dan dalam hal ini pemerintah memberikan batasan melalui peraturan yang dikeluarkan untuk menjaga kebebasan dari hak setiap orang diakui.

Tetapi kembali lagi kepada seluruh warga negaranya untuk menjalankan kewajiban agar hak setiap warga negara lainnya dapat terpenuhi. Sebagai warga negara yang baik sudah sepatutnya kita melaksanakan anjuran dan arahan pemerintah untuk menjalankan kehidupan antar warga negara lebih baik dan teratur.

Kewajiban sebagai negara mematuhi aturan dan undang-undang tertulis yang berlaku. Tetapi diluar peraturan tertulis tersebut ada juga kewajiban yang harus dijalankan oleh warga negara yaitu salah satunya adalah menjalankan kehidupan bermasyarakat dengan saling bergotong royong bersama dengan seluruh anggota warga lainnya. Dengan membangun sebuah sistem kemasyarakatan yang agar terjalin tatanan kehidupan bermasyarakat yang lebih baik dan semakin membaik dari waktu ke waktu.

Harapannya ketika gotong royong diantara warga dengan pelaksanaan hak serta kewajiban yang seimbang dan tatanan yang baik terbentuk maka pandemi ini bisa berlangsung secara singkat dan dilewati oleh seluruh bangsa dan negara kita. Aamiin.

Bersama kita bisa, karena Indonesia selalu berjalan bersama mencari solusi dari setiap permasalahan.

Demikian perkuliahan melalui artikel ini. silahkan jika ada yang mau dibahas bisa menyampaikan pertanyaan via komen. Mohon maaf dengan segala keterbatasannya dan kekurangan selama perkuliahan daring ini.

Sekali lagi ntuk pertemuan kita kali ini mohon untuk mahasiswa melakukan absen dengan memberikan komentar per mahasiswa dikolom komentar. absen dengan format sebagai berikut
Nama : Fulan
NPM : 19501234567
Kelas : PKN IT A/B

Wassalam.

image source : link

76 Replies to “Pengantar Kuliah Daring Pendidikan Kewarganegaraan”

  1. Muhammad Bintang Pramadipta says: Reply

    Nama : Muhammad Bintang Pramadipta
    NPM : 1915061017
    Kelas : PSTI B
    Hadir pak

  2. Baik Terimakasih Banyak pak

    Surya Saputra
    1915061006

    1. Muhammad Irfan Fadhila says: Reply

      Nama : Muhammad Irfan Fadhila
      NPM : 1955061003
      Kelas : PKN IT B

  3. Muhammad Nauval Saiholau says: Reply

    Nama : Muhammad Nauval Saiholau
    NPM : 1915061057
    Kelas : TI B

    1. Nama : M. Helmi Alzuliansyah
      Npm : 1915061003
      Saya Hadir Pak

    2. Nama : M. Helmi Alzuliansyah
      Npm : 1915061003
      Kelas : Teknik Informatika 2019 A
      Saya Hadir Pak

  4. Royyan Fajrul Falah says: Reply

    Nama : Royyan Fajrul Falah
    NPM : 1915061040
    Kelas : PKN TI B

  5. Muhammad Irfan Fadhila says: Reply

    Nama : Muhammad Irfan Fadhila
    NPM : 1955061003
    Kelas : TI B

  6. Nama : Surya Saputra
    NPM : 1915061006
    Kelas : PKN TI B

  7. Nama : Muhammad Abdurachman Hilmy
    NPM : 1915061019
    Kelas : PKN IT B

  8. Nilam Cahya says: Reply

    Nama : Nilam Cahya
    NPM : 1915061012
    Kelas : PKN IT B

  9. Rachmat Agung Ananda says: Reply

    Nama : Rachmat Agung Ananda
    NPM : 1915061029

  10. Ramadhani Asrofa Kemal says: Reply

    Nama : Ramadhani Asrofa Kemal
    NPM : 1915061028
    Kelas : PKN TI B

  11. Nama: Salma
    NPM: 1915061030
    Kelas: PKN TI B

  12. Sayhan Hudaya says: Reply

    Nama: Sayhan Hudaya
    NPM: 1915061048
    Kelas: PKN TI B

  13. Reistha Ramadhanty says: Reply

    Nama : Reistha Ramadhanty
    NPM: 1915061022
    Kelas : TI B

  14. Muhammad Iqbal Syahbana says: Reply

    Nama : Muhammad Iqbal Syahbana
    NPM : 1915061009
    Kelas : PKN IT B

  15. Rachel Adella Ferninda says: Reply

    Nama : Rachel Adella Ferninda
    NPM : 1915061054
    Kelas : PKN IT B

  16. Nadia Miranti says: Reply

    Nama : Nadia Miranti
    NPM : 1915061049
    Kelas : PKN TI B

  17. Nama : Ranto
    NPM : 1915061036
    Kelas : PKN TI B

  18. Tania Argadini says: Reply

    Nama : Tania Argadini
    NPM : 1915061015
    Kelas : PKN IT B

  19. Nama : Putri Anggia Cahyani
    NPM : 1915061042
    Kelas : PKN IT B

  20. M. Setiawan says: Reply

    Nama : M. Setiawan
    NPM : 1915061020
    Kelas : PKN TI-B

  21. Rachmat Agung Ananda says: Reply

    Nama : Rachmat Agung Ananda
    NPM : 1915061029
    Kelas : PKN IT B

  22. Nama : Selvia Eldina
    NPM : 1915061007
    Kelas : PKN IT B

  23. Nabila Tusyifa says: Reply

    Nama : Nabila Tusyifa
    NPM : 1915061041
    Kelas : PKN TI B

  24. Nama : Hardi Nuari Caesar
    NPM : 1915061039
    Kelas : PKN IT B

  25. Nama : Muhamad Ilham Fadilah
    NPM : 1915061050
    Kelas : PKN IT B

  26. Nama : Silvia Naim
    NPM : 1915061018
    Kelas : PKN IT B

  27. Presillia Br sianturi says: Reply

    nama : Presillia Br Sianturi
    NPM : 1915061035
    Kelas : PKN IT B

    Menurut saya hak adalah sesuatu yang harus didapatkan oleh setiap individu
    sedangkan kewajiban adalah sesuatu hal yang harus dijalankan atau dilakukan oleh setiap orang untuk mendapatkan hak nya.

  28. Pak, ijin memperkenalkan diri. Saya Surya Saputra dari kelas TI B. Saya ingin menyarankan untuk waktu pengerjaan soal UTS besok agar diberi kelonggaran, misalnya dengan waktu 1 atau 2 jam. Karena tipe soalnya adalah essay, dan metode pengerjaan dengan cara menulis tangan dan mengetik jawaban itu berbeda pak tentunya. Jadi, saya berharap agar waktu pengerjaannya dapat diberi kelonggaran. Terimakasih pak.

    Nama : Surya Saputra
    NPM : 1915061006
    Kelas : PKN TI B

    1. iya untuk UTS saya berikan 5 soal selama 60menit ya

  29. Riyan, Riyan Permadani says: Reply

    Nama : Riyan Permadani
    NPM : 1915061058
    Kelas : PKN TI B

  30. Nama : Muhammad Alwan Fadhlullah
    NPM : 1955061006
    Kelas : PKN IT B

  31. Sarah Mustika Dewi says: Reply

    Nama : Sarah Mustika Dewi
    NPM : 1915061001
    Kelas : PKN IT B

  32. Nama : Ridha Aisyiyah Ryandani
    NPM : 1955061001
    Kelas : PKN TI B

  33. Rivan Herdian P says: Reply

    Terima kasih ilmunya pak
    Rivan Herdian Pramudya
    1915061052
    PKN TI B

  34. Muhammad Al-Fahrezi says: Reply

    Nama : Muhammad Al-Fahrezi
    NPM : 1955061009
    Kelas : PKN IT B

  35. Akbar Valesca says: Reply

    Nama : Muhammad Akbar Valesca
    NPM : 1955061007
    Kelas : PKN IT B

  36. Muhammad Naufal Ashiddiq says: Reply

    Nama : Muhammad Naufal Ashiddiq
    NPM : 1955061005
    Kelas : PKN IT B
    Izin bertanya pak, Jikalau kita melakukan pembatasan pendapat merupakan suatu pelanggaran hak warga negara pak? Terimakasih pak

    1. Aurellia Salma Fertiyan says: Reply

      Nama: Aurellia Salma Fertiyan
      NPM: 1915061060
      Kelas: PKN TI A

    2. Nama : Azzahra Agitha Karina
      NPM : 1955061010
      PKN TI A

  37. Sanjaya Ilham Kurnia says: Reply

    Nama : Sanjaya Ilham Kurnia
    NPM : 1915061026
    Kelas : TI B

  38. Anggi Dwi Kurniawan says: Reply

    Nama : Anggi Dwi Kurniawan
    NPM : 1915061021
    Kelas : PKM TI A

  39. Lucky Akbar says: Reply

    Lucky Akbar
    1915061056
    Kelas ; PKN A TI

    1. Nama : Alfiyah Widiyaningsih
      NPM : 1915061034
      Kelas : PKN TI A

  40. Nama : Meilika Dwi Putri
    NPM : 1915061016
    Kelas : PKN TI A

  41. Nama : Bagus Stefanus Sihotang
    NPM : 1915061051
    Kelas : PKN TI A

  42. Nama : Ellangga Alief Bagasdo Jaya Putra
    NPM : 1915061055
    Kelas : PKN TI A

  43. Nama : Niwayan Dinayani
    NPM : 1915061038
    Kelas : PKN TI A

  44. Nama : Lesy Nugraha
    Npm : 1915061011
    Kelas : PKN IT A

  45. Nama : Fiona Yovita Syafri
    NPM : 1915061033
    Kelas : PKN TI A

  46. Nama : Aria Seno Annabiy
    NPM : 1915061053
    Kelas : PKN IT A

  47. Nama : Ellangga Alief Bagasdo Jaya Putra
    NPM : 1915061055
    Kelas : PKN TI A

  48. Nama : M. Helmi Alzuliansyah
    Npm : 1915061003
    Kelas : Teknik Informatika 2019 A

  49. Nama : Torik Lianda Rahman
    NPM : 1915061024
    Kelas : PKN IT A

  50. Nama : Yovanta Anjelina
    NPM : 1915061046
    Kelas : PKN TI A

  51. Alya Nurul Fakhira says: Reply

    Nama : Alya Nurul Fakhira
    NPM : 1955061008
    Kelas : PKN TI A

  52. Nama: Tasya Cynthia Monica Lovelindra
    NPM: 1955061004
    Kelas: PKN TI A

  53. Nama : Alfiyah Widiyaningsih
    NPM : 1915061034
    Kelas : PKN TI A

  54. Nama :Lesy Nugraha
    Npm :1915061011
    Kelas : PKN IT A

    Izin bertanya pak mengenai masalah tugas, waktu pertemuan ke 4 mohon maaf pak saya sedang dirawat dan tidak bisa mengerjakan tugas yang bapak berikan pada saat itu, apakah saya bisa mendapatkan prnggantinya untuk mengisi nilai saya yang kosong itu pak?

    1. tugas yang mana yang belum kumpul? kalau kamu sudah ijin waktu itu karena sakit tidak masalah.

      1. alhamdulillah baik pak terimakasih banyak pak

  55. Aser Yosua Rumbrawer says: Reply

    Nama: Aser Y Rumbrawer
    NPM: 1915061031
    Kls TI A

    1. Aser Yosua Rumbrawer says: Reply

      Nama : Aser Y Rumbrawer
      NPM : 1915061031
      kelas : PKN TI A

  56. Nama : Aldi Kurniawan
    NPM : 1915061047
    Kelas : PKN TI A

  57. Nama: Julio Adi Putra
    NPM: 1915061008
    Kelaas: PKN TI A

  58. Nama : Ahmad Ilham
    Npm : 1915061059
    Kelas : PKN TI A

  59. Irfan Pramuditya says: Reply

    Nama : Irfan Pramuditya
    NPM : 1915061023
    Kelas : PKN IT A

  60. Nama : Arya Nata Pradana
    NPM : 1915061044
    Kelas : PKN IT A

  61. Atiqah hanifah shalihah says: Reply

    Nama : Atiqah Hanifah Shalihah
    NPM : 1915061013
    Kelas : PKN IT A

  62. Nama : Husniatun Aini
    NPM : 1915061010
    Kelas : PKN TI A

  63. M. Adit Prinansyah says: Reply

    Nama : M. Adit Prinansyah
    NPM : 1915061002
    Kelas : PKN TI A

  64. Nama : Dwi Liliyawati
    NPM : 1915061005
    Kelas : PKN TI A

  65. Lucky Akbar says: Reply

    Izin bertanya pak
    nama : Lucky Akbar
    NPM : 1915061056
    Kelas TI A

    Dari tulisan di atas ada kalimat
    ” Setiap kewajiban yang dimiliki seseorang pastinya akan berkaitan dengan hak orang lain, dan begitu pula sebaliknya. Mereka berpendapat bahwa kita baru dapat berbicara tentang hak dalam arti sesungguhnya, jika ada hubungan diantara kedua hal tersebut. Hak yang tidak ada kewajiban yang sesuai dengannya tidak pantas disebut hak.”

    dan kesimpulan saya berarti tidak ada yang namanya menuntut hak, karena sebenarnya hak kita adalah kewajiban orang lain, dan sebaliknya, sehingga tanpa aturan apapun, seharusnya hak dan kewajiban akan berjalan seimbang. Bagaimana pak menurut bapak?

  66. Dwi Liliyawati says: Reply

    Nama : Dwi Liliyawati
    NPM : 1915061005
    Kelas : PKN TIA

Leave a Reply