Biaya Perpanjang SIM Keliling Tangerang

Biaya Perpanjangan SIM

Bulan Maret Tahun 2016 ini adalah batas akhir berlakunya Surat Ijin Mengemudi saya. Baik yang SIM A dan C keduanya wajib harus dan kudu diperpanjang masa berlakunya. Demi keamanan dan kenyamanan dalam mengendarai kendaraan baik mobil maupun motor, dan sebagai bukti bahwa saya adalah pengendara yang bertanggung jawab. Memiliki surat ijin mengemudi membuktikan bahwa saya bisa berkendara dengan baik dan benar, memiliki SIM yang masa berlakunya ‘aktif’ berarti saya juga peduli pada hukum yang berlaku di negara ini tentang berkendara.

Untuk melakukan perpanjangan SIM biasanya dilakukan 5 tahun sekali berlaku sejak tanggal dimana SIM tersebut dicetak. Pada kasus saya, berlaku sejak Maret 2011 sampai dengan Maret 2016.

Menurut pengalaman pribadi selama 2 kali melakukan perpanjangan SIM sangat mudah. Yang penting dipersiapkan persyaratannya dan merelakan waktu untuk mengurus perpanjangan SIM. Ya, saya sudah pernah 2 kali memperpanjang masa berlaku SIM saya. Yang pertama di Samsat daerah Daan Mogot, dan yang kedua menggunakan jasa SIM Keliling waktu itu di daerah Poris Tangerang.

Melakukan perpanjangan SIM di Samsat maupun di bis SIM Keliling sama mudahnya. Tapi kalau menurut pengalaman pribadi dengan melalui SIM Keliling bisa menghemat waktu jadi lebih cepat. Karena kalau di Samsat ada proses Isi Data, Cek kesehatan, Bayar, Foto, Ambil SIM. Sedangkan pada SIM Keliling tidak ada proses Cek Kesehatan, dan pencetakan SIM langsung setelah kita di Foto oleh bapak petugas di dalam Bis. Tapi untuk masalah antri itu relatif, yang pasti harus merelakan waktu paling tidak setengah hari dari pagi sampai siang.

Yah begitulah sekilas pengalaman yang lalu ketika memperpanjang sim. Lalu sekarang yang jadi pertanyaan adalah, berapa biaya perpanjang sim keliling di tangerang kota?

Sambil cari informasi melalui internet baik googling ataupun search di media sosial seperti twitter. Kalau tidak salah sih ketika perpanjang di SIM Keliling tahun 2011 saya mengeluarkan biaya 150.000 rupiah per SIM. Setelah cari-cari akhirnya ditemukan beberapa kesimpulan. Kesimpulan tentang biaya tarif perpanjang sim ini juga berdasarkan berita maupun pengalaman orang lain dalam memperpanjang SIM antara tahun 2011 sampai dengan 2016.

Kesimpulan pertama dari beberapa pengalaman orang-orang yang di share di internet, paling banyak menyebutkan biaya SIM Keliling itu 150.000 sama seperti pengalaman saya perpanjang SIM di SIM Keliling Tangerang tahun 2011 yang lalu.

Kesimpulan kedua, sebenarnya perpanjang SIM itu biayanya 75000 saja. Tapi ada biaya lain-lain seperti cek kesehatan, asuransi dan administrasi. Sehingga biaya menjadi 150000 itu adalah biaya all-in plus biaya lain-lain yang harus dibayar setiap orang yang mau memperpanjang SIM via bis SIM Keliling. Padahal cek kesehatan tidak ada. Murah ya kalau cuma 75000. 150000 sudah dapat dua SIM A dan C.

Infonya dari mana kalau biayanya hanya 75000, bisa dicek di artikel kompas berikut;

Tarif Perpanjang SIM

Artikel diatas diambil dari kompas online. Sebenernya artikel galau yang mempertanyakan kepada bapak Polisi perihal sebenarnya berapa ongkos tarif biaya untuk memperpanjang SIM itu. Karena di dalam berita tersebut dibilang, ternyata biaya perpanjang SIM itu bermacam-macam ada yang 75000, 110000, 135000 dan 150000. Terus mana yang benar yang sesuai dengan peraturan undang-undang? setiap biaya yang berbeda tersebut tidak ada bukti pembayarannya juga.

Nah lalu bagaimana biaya perpanjangan SIM besok ini? Saya harus bawa duit berapa untuk membayar biaya perpanjang SIM Keliling Tangerang? ya sudah kira-kira saja bawa 150000 untuk satu Surat Ijin Mengemudi.

Kita buktikan besok, berapa sih tarif “sebenarnya” untuk perpanjangan SIM di daerah Tangerang.

Sumber : (gambar1, gambar2)

 

Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco