Bebas Rokok

Bebas Rokok

Bebas RokokPeraturan bebas rokok di Indonesia mungkin baru belakangan ini terdengar di masyarakat. Mungkin saja bermula dari peraturan di jakarta pada jaman bang Yos yang menetapkan bahwa di Jakarta dilarang merokok di tempat fasilitas umum. Walaupun akhirnya peraturan ini kalah dengan ketidak pedulian para perokok. Sangat disayangkan Indonesia yang penduduknya banyak, dan masih tergolong negara dengan perekonomian rakyatnya berada pada level menengah kebawah, ternyata jumlah perokoknya sangat banyak. Bahkan di Asean negara Indonesia berada diposisi pertama, pengguna rokok terbanyak. :pertamax Hebat, akhirnya ada pengakuan posisi nomor satu untuk Indonesia setelah korupsi berkurang, rokok naik peringkat. Entah selamat atau kasihan.

Ketika ada ormas massa belakangan mengatakan bahwa mengeluarkan fatwa haram kepada rokok, ternyata bukannya di beri apresiasi yang baik malah di cela mati-matian oleh para pencinta tembakau, produsen rokok, petani tembakau, mungkin pembela HAM juga. :army: Alasan mereka mencibir fatwa ormas Islam ini bisa dibilang sangat aneh. Yang sering diangkat adalah nasib para petani tembakau yang akan kehilangan mata pencaharian mereka, atau buruh pabrik rokok yang tidak bisa mendapat penghasilan jika rokok di dilarang. Berarti akan melanggar hak para petani dan buruh untuk mencari penghasilan. Pendapatan negara akan turun jika rokok dilarang. What!? :gila: Terkesan negara kita ini hidup hanya dari memproduksi rokok. :bata bata untuk para pembela asap kematian. Apakah mereka tidak sadar, lebih banyak kerugian yang didapat dari rokok dibanding dengan keuntungannya? :bata

Sampai saat ini kenapa rokok masih bebas digunakan, sangat aneh. Peraturan tentang pembatasan penggunaan tembakau ataupun peraturan larangan merokok di tempat-tempat umum sebenarnya menyelamatkan banyak orang. Ada yang lebih mahal daripada membela dihapuskannya peraturan bebas rokok. Kesehatan kita lebih mahal. Kesehatan semua orang, dari anak kecil sampai orang tua, mereka juga butuh kebebasan, bebas dari rokok. Jangan hanya memikirkan diri sendiri, seperti yang dilakukan para perokok itu. Indonesia mendambakan hidup yang bebas rokok, bebas dari para perokok, dan asap kematian.

Seharusnya negara kita bercermin kepada negara barat sana yang sudah memberlakukan Peraturan Bebas Rokok. Contoh Amerika, setiap daerah sekarang berlomba-lomba untuk menetapkan peraturan dilarang merokok secara bebas di tempat umum. Boleh merokok, tetapi di rumah pribadi. Kalau dibilang bahwa Indonesia itu selalu mencontoh kepada negara barat sana, kenapa hanya hal yang buruk saja yang diikuti. Hanya hal yang berbau konsumerisme besar-besaran. Bukan dalam kebaikan positifnya? Tanya Kenapa!?

Padahal di Indonesia biaya untuk mendapat layanan kesehatan sangat mahal, tetapi kepedulian masyarakat kepada kesehatan pribadi ternyata bisa dibilang tidak ada. Apalagi kepedulian kepada anggota keluarga atau masyarakat sekitarnya. Berarti bisa dibilang ketidak pedulian para perokok terhadap kesehatan dirinya dan masyarakat adalah sebuah bentuk teror. Teror kepada kesehatan orang yang tidak merokok, bahkan dirinya. Tidak salah jika disebut dengan lantang bahwa para penghisap asap itu adalah The Real Terorrist. Kita repot mencari teroris keluar daerah, ditelevisi diceritakan bahwa teroris ada dekat kita, memang dekat. Lihat saja keluar rumah, sebentar kita berjalan saja bisa ditemukan para penghisap asap. Luar biasa. Sulit para intelligent mencari senjata pemusnah massal, ternyata ada disekeliling kita. Dijual bebas, bahkan anak kecil pun bisa mendapatkannya dengan bebas, ini masalah indonesia yang tambah bikin pusing rakyatnya. :bata

Kenapa sih weblog rioap sering sekali menulis tentang rokok? Bahkan tulisannya seperti memojokkan para perokok? Ya bebas dong, weblog ini ikut meneriakan kebebasan dari asap rokok. Ikut menuntut kehidupan sehat yang layak. Mungkin membantu menyampaikan informasi tentang rokok yang merusak kesehatan, baik pelakunya maupun orang disekitar. Bolehlah kita memojokkan para penghisap asap laknat itu, karena selama ini sudah terlalu sering dipojokkan oleh mereka, saat bergerak melawan. Bukan saatnya diam terpojokkan, dan akhirnya kita dikalahkan, lalu menderita menjadi penyakitan karena asap laknat itu. Tidak akan bosan-bosan weblog rioap akan menceritakan informasi tentang rokok, dan mendidik masyarakat untuk cerdas untuk dirinya dan peduli masyarakat sekitar. Kampanye anti rokok ini tidak akan berhenti setidaknya sampai Indonesia bebas rokok!

:tkp

Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco